Rabu, 26 Maret 2008

Apa yg anda punya?

Baca kolom budi raharjo di infolinux terbitan bulan lalu yang mengklaim bahwa kita adalah bangsa lisan apa-apa cuman berhenti di omongan. mungkin ada benernya juga. pernah baca buku manual bagaimana cara kebal? atau mungkin ada manual bagaimana rumah adat sunda dibuat dan di bangun atau hal-hal yang sangat mengagumkan lain yang kita, bangsa indonesia miliki.

lain halnya di amrik sana : cara ngobrol ringan pun dibuat bukunya. Yang Oon mungkin gw karena gw beli dan baca buku itu. ini bukunya: http://www.amazon.com/Fine-Art-Small-Talk-Rapport/dp/155977505X

kembali kepertanyaan di judul atas: apa yang anda punya? bisa jawab dengan cepat gak? misalkan: apa mobil yg anda punya, berapa kemeja, berapa celana, berapa tabungan dan hal-hal lain. Jujur aja saya juga gak tau ! dan sering kelabakan kalau harus isi form 1770s di laporan SPT tahunan. Ternyata kebiasaan tidak mencatat ini juga menular kekehidupan profesional kita yang sayangnya jadi tidak profesional.

contoh: dalam rab (rapat anggota biasa) minggu lalu ketua koperasi melaporkan adanya activa yang hilang sebesar hampir 1,2 M ini berupa barang persediaan yang tidak terdata. Beliau mengajukan beberapa solusi: dibiarkan begitu saja atau sedikit2 disusutkan dengan akan membebani keuntungan bulan berjalan. HA HA HA............... dari pengalaman sebelumnya ini terjadi karena beberapa hal:
  1. Barang dipesan dalam jumlah besar sedangkan barang yang datang lebih sedikit. contoh dalam dokumen pemesanan dan pembayaran organisasi tersebut memesan 100 ekor ayam tetapi ayam yang masuk kandang hanya 50 ekor. tanpa adanya pemeriksaan hal ini mudah saja terjadi.
  2. Keluar masuk barang tidak dicatat dengan baik. sehingga di dokumen tertulis sisa ayam dikandang 90 ekor, kenyataan dikandang hanya ada 70 ekor. Yang 20 sudah dipotong tapi tidak dicatat.
  3. Tidak ada stock opname. keluar masuk barang terjadi begitu saja, istilahnya mengalir seperti sungai..... alami. pembukuan dilakukan pada saat akan tutup buku diakhir tahun. kaget!!!! lho kok gini?
Prinsip dasar iso sebenernya dapat kita gunakan dalam hal-hal lain "tulis yang anda lakukan, kemudian lakukan yang anda tulis"

Jadi, apa yg anda punya?

Tidak ada komentar: